Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Brebes Dan Satpol PP Tingkatkan Koordinasi Terkait Maraknya Alat Peraga Sosialisasi (APS)

Brebes-Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Brebes Trio Pahlevi dan Hadi Asfuri melakukan koordinasi ke Kantor Satpol PP terkait maraknya alat peraga sosialisasi (APS). Rabu (6/10/2023).

Disambut oleh Plt Kasatpol PP Kabupaten Brebes, Agus Iswanto pertemuan yang baru pertama kali digelar sejak pasca dilantiknya Anggota Bawaslu Kabupaten Brebes ini berlangsung hangat.

Menanggapi maraknya APS yang terpasang di berbagai titik di Kabupaten Brebes, Bawaslu menyampaikan bahwa saat ini tahapan Pemilu 2024 belum memasuki masa kampanye, melainkan baru pada tahapan sosialisasi. Sosialisasi dilakukan di internal partai sesuai PKPU 15 pasal 79.

Ketua Bawaslu Kabupaten Brebes itu juga menegaskan bahwa Penertiban Alat Peraga sosialisasi (APS) ini dilakukan sebagai upaya penegakaan hukum pemilu demi tercapainya keadilan pemilu yang bertujuan untuk tetap terjaganya suasana kondusif.

“para peserta pemilu diperbolehkan melakukan sosialisasi tanpa ajakan untuk memilih mereka, karena seharusnya bentuk sosialisasi yg di lakukan adalah pemasangan bendera partai, pertemuan terbatas dengan pemberitahuan secara tertulis ke KPU dan Bawaslu kab,” Kata Trio.

Lanjutnya, pertemuan ini juga merupakan agenda tindak lanjut pada pertemuan dengan SKPD Terkait, periode bawaslu sebelumnya yang meminta bawaslu untuk melakukan update data soal APS yang terpasang, kami telah memberikan data lengkap terkait jumlah APS, berikut alamat titik terpasang, harapanya data ini akan dijadikan dasar buat SKPD Terkait untuk menentukan langkah langkah strategis menegakan Perda 1 tahun 2015 tentang Ketertiban Umum, tutupnya.

Plt. Kasatpol PP, Agus Ismanto mengatakan pihaknya mengapresiasi atas kunjungan dari Bawaslu Brebes terkait inisiatif untuk mengadakan pertemuan terkait maraknya APS ini, kami akan segera menindak lanjuti atas data yang telah diberikan Bawaslu, kami akan berkordinasi dengan Asisten 1, agar mengeluarkan Surat Edaran Terkait APS ini, namun setelah ada pertemuan yang nanti akan melibatkan KPU Brebes, mengingat dulu pernah dilakukan pertemuan yang memutuskan untuk dikeluarkan nya surat edaran dari Pemda Brebes Melalui Asisten 1.

Tag
Bawaslu Brebes
Bawaslu Provinsi Jawa Tengah
Bawaslu RI
Berita
Berita Terbaru