Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Brebes Gelar Rapat Koordinasi Pengawasan Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dengan Peserta Pemilu dan Stakeholder

Foto Bersama

BREBES-Bawaslu Kabupaten Brebes gelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dengan Peserta Pemilu dan Stakeholder pada hari Rabu, (7/02/2024). Rakor yang diselenggarakan di Ruang Meeting Grand Dian Hotel Brebes mengundang 50 peserta yang terdiri dari Stakeholder, Jurnalis, serta perwakilan partai politik untuk Pemilu, perseorangan untuk Pemilu, dan pasangan calon yang diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden wilayah Kabupaten Brebes.

 

 

Anggota/Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data, dan Informasi Bawaslu Kabupaten Brebes Hadi Asfuri pada pembukaan kegiatan menyampaikan bahwa persiapan pemungutan dan perhitungan serta rekapitulasi hasil penghitungan suara merupakan elemen penting yang harus diprioritaskan.”Puncak pesta demokrasi rakyat Indonesia yaitu pemungutan suara Pemilu 2024 kurang dari seminggu lagi akan terlaksana, oleh sebab itu Bawaslu Brebes terus berupaya berkoordinasi dengan bapak/ibu sekalian demi terciptanya Pemilu yang Jurdil”, tutur Hadi. 

 

Senada dengan Hadi, Sekretaris Daerah (Sekda) Brebes Djoko Gunawan yang berkesempatan hadir pada rakor yang diselenggarakan oleh Bawaslu Kabupaten Brebes berpesan kepada peserta kegiatan untuk terus menjaga kondusifitas dan perdamaian pada penyelenggaran Pemilu 2024. “Mari jaga kondusifitas daerah. Mulai saat ini, pada saat hari H maupun pasca Pemilu”, ujar Djoko. Kita tentu harap semua berjalan lancar dan damai, mari wujudkan kondusifitas Pemilu tahun 2024 agar berlangsung nyaman, tenang, damai dan bahagia, tutup Djoko.     

 

Dalam Rangka meningkatkan pengetahuan, keahlian dan ketrampilan pada tahapan pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi hasil penghitungan suara, Bawaslu Kabupaten Brebes hadirkan satu narasumber eksternal. Masykurudin Hafidz, yang menjabat sebagai Direktur di Akademi Pemilu dan Demokrasi (APD) didapuk Bawaslu Kabupaten Brebes untuk mengisi materi. Cak Masykur, sapaan akrabnya pada paparan materinya membahas tentang Mewujudkan Pemungutan dan Penghitungan Suara Demokratis dan Berkualitas. Cak Masykur secara komprehensif menjelaskan dimulai dari Panduan Saksi, Penguatan Stakeholders TPS, Panduan Pemantau, sampai dengan Partisipasi Masyarakat.

 

 

Masuk pada sesi terakhir kegiatan Rakor Pengawasan Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dengan Peserta Pemilu dan Stakeholder, diisi dengan sesi diskusi dan tanya jawab oleh peserta kegiatan bersama para narasumber dan penyampaian rekomendasi (ikhtisar) oleh moderator. Sebelum kegiatan ditutup, seluruh peserta kegiatan menandatangani berita acara tentang penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) jelang masa tenang pada tanggal 11-13 Februari 2024.

Penulis dan Foto: Bawaslu Kabupaten Brebes 

Editor: Bawaslu Kabupaten Brebes