Lompat ke isi utama

Berita

Gaungkan Tolak Politik Uang Hingga Pelosok Desa, Bawaslu Brebes Sambangi Kelompok Tani Ternak Pandansari

Brebes – Upaya mencegah praktik politik uang di wilayah Kabupaten Brebes terus dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Brebes. Melalui kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif (Soswatif) kepada Masyarakat Marginal, Bawaslu Kabupaten Brebes kali ini sasar Kelompok Tani Ternak yang berada di Desa Pandansari Kecamatan Paguyangan. 

 

 

Bertempat di salah satu wisata andalan Kabupaten Brebes yaitu Telaga Renjeng yang juga berada di area obyek wisata Kaligua, kegiatan soswatif berlangsung dengan peserta berasal dari Kelompok Tani Ternak pada hari Minggu (3/02/2024). 

 

 

Anggota/Koordiv. Penanganan Pelanggaran, Data, dan Informasi Bawaslu Kabupaten Brebes, Hadi Asfuri menyampaikan pada paparannya bahwa agar Pemilu berlangsung secara berintegritas dan berdaulat, masyarakatlah yang sebenarnya mempunyai kedaulatan paling tinggi. "Bawaslu merupakan perpanjangan tangan dari bapak/ibu itu sendiri dalam hal mengawasi Pemilu", tutur Hadi. Oleh sebab itu menurut Hadi, politik uang bukan hanya musuh Bawaslu namun musuh kita bersama.

 

 

Kemudian, Hadi menjelaskan bahwasannya pemungutan suara Pemilu 2024 akan berlangsung tinggal menghitung hari saja yaitu pada tanggal 14 Februari 2024. Hadi mengingatkan kepada peserta kegiatan untuk menggunakan hak pilihnya dengan cerdas tanpa iming-iming uang. "Masa depan bangsa ditentukan oleh bapak/ibu, jangan hanya karena uang kita gadaikan masa depan bangsa", ujar Hadi.

 

 

Selain mensosialisasikan bahaya politik uang, Hadi secara rinci menjelaskan tentang tugas, fungsi, dan wewenang Bawaslu serta mengenalkan jajaran Pengawas Pemilu sampai dengan tingkat Pengawas TPS. Dipenghujung acara, kegiatan diisi dengan sesi Focus Group Discussion (FGD) yang dimoderatori oleh staf Bawaslu Kabupaten Irfan Riyanto. 

Penulis dan Foto: Bawaaslu Kabupaten Brebes 

Editor: Bawaaslu Kabupaten Brebes