Lompat ke isi utama

Berita

Gelar Apel Siaga, Bawaslu Brebes Pastikan Seluruh Pengawas Siap Awasi Pemungutan Suara Pemilu 2024

Foto Bersama

Brebes – Jelang tahapan masa tenang, pemungutan serta penghitungan suara Pemilu Tahun 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Brebes melaksanakan apel siaga pengawasan. Apel siaga pengawasan diikuti ratusan pengawas Pemilu dari tingkat Kecamatan hingga Kelurahan/Desa, digelar di alun-alun Brebes, Kamis (8/2/2024) pagi. Sebelumnya Bawaslu Kabupaten Brebes juga telah melaksanakan apel siaga pengawasan tahapan kampanye pada 27 November 2023 di Area Stadion Karangbirahi Brebes.

 

Selain Pengawas Pemilu, apel siaga pengawasan kampanye dihadiri pula oleh jajaran Forkopimda Brebes, KPU Brebes, Partai Politik Peserta Pemilu di Kab. Brebes, Stakeholder terkait, serta awak media.

 

Ketua Bawaslu Kabupaten Brebes Trio Pahlevi pada pidato pembukaan menyampaikan bahwa masa tenang biasanya digunakan oleh pemilih untuk menentukan pilihannya setelah seluruh peserta Pemilu menyampaikan visi dan misi dimasa kampanye. Namun, bagi penyelenggara pemilu, itu merupakan titik kritis. “Selama masa tenang pada tanggal 11-13 Februari 2024, kita harus memastikan tidak ada kampanye, tidak ada politik uang dan yang paling penting adalah memastikan distribusi logistik tepat waktu, tepat sasaran dan tepat jumlah, ujar Trio. Trio menambahkan pasca tahapan masa tenang merupakan titik akhir tahapan krusial pemilu yaitu tahapan Pemungutan, Penghitungan Suara dan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara. Untuk itu, dibutuhkan ketelitian, kesabaran dan pengetahuan regulasi yang komprehensif untuk memastikan tahapan berjalan dengan baik dan demokratis.

 

Selain itu, pada hari ini tepatnya pada tanggal 08 Februari 2024 Trio menegaskan kembali kepada Bapak/Ibu Jajaran Pengawas Pemilu untuk tetap komitmen melakukan Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu serentak 2024 dengan sungguh-sungguh, penuh kedisiplinan dan rasa tanggungjawab tinggi. Demi berlangsungnya penyelenggaraan pemilu yang adil, demokratis dan damai di Kabupaten Brebes.  

 

Senada dengan Trio, PJ Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar dalam sambutannya mendukung penuh apa yang sudah disampaikan Ketua Bawaslu Kabupaten Brebes. “Pemerintah Daerah Brebes berkomitmen mendukung penuh kerja-kerja pengawasan Pemilu dalam rangka menyukseskan Pemilu 2024”, tutur Iwanuddin.

 

Kemudian, Kapolres Brebes AKBP Guntur Muhammad Tariq menyampaikan pada sambutannya bahwa jajaran Polri siap untuk menyukseskan Pemilu 2024 dii Kabupaten Brebes. “Saya minta mari kita laksanakan tugas kita guna memilih pemimpin negeri ini untuk kemajuan bangsa kita, saya yakin Kabupaten Brebes bisa menyelenggarakan Pemilu dengan aman, tentram dan damai”, ujar Guntur.

 

Diakhir kegiatan, apel siaga pengawasan diisi oleh penampilan tari sintren oleh sanggar seni genjring lalu pelepasan merpati dan balon berwarna putih sebagai tanda kesiapan jajaran pengawas Pemilu dalam melaksanakan tugas pengawasan tahapan masa tenang, pemungutan serta penghitungan suara Pemilu Tahun 2024. 

Penulis dan Foto: Bawaslu Kabupaten Brebes

Editor: Bawaslu Kabupaten Brebes