Lompat ke isi utama

Berita

Mantapkan Koordinasi, Bawaslu Brebes Gelar Rapat Pengawasan Logistik Bersama Stakeholder

 

Brebes - Bawaslu Kabupaten Brebes gelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan Logistik Pemilu 2024 pada hari Jum'at tanggal 2 Februari 2024 bertempat di King Hotel Brebes.

Kegiatan Rakor dihadiri oleh unsur Forkompinda, Ketua Desk Pemilu, Kepala Bakesbangpolda serta seluruh Ketua Panwaslu Kecamatan se- Kabupaten Brebes.

Ketua Bawaslu Kabupaten Brebes Trio Pahlevi pada pembukaan kegiatan menyampaikan bahwa Pengawasan logistik menjadi  bgian yang paling penting untuk saling mewaspadai serta merangkul semua stakeholder yang ada untuk membantu Pengawasan Logistik. "Pendistribusian harus benar-benar di hitung jangan sampai ada yang salah, untuk pendistribusian logistik KPU lebih baik mendahulukan TPS yang terjauh, terutama di bagian Brebes wilayah selatan", tutur Trio. Trio menambahkan bahwa jajaran KPU Brebes untuk mengecek kembali jangan sampai ada surat suara yg tertukar antar Dapil.


Kegiatan Rakor Pengawasan Logistik Pemilu 2024 hadirkan dua narasumber eksternal. Ketua KPU Brebes Manja lestari Damanik S.Pd, S.H  menjadi pemateri pertama. Manja sapaan akrabnya, menjelaskan mulai dari jenis logistik Pemilu, Tata Kelola logistik Pemilu, Pendistribusian, Logistik di dalam kotak suara, Logistik di luar kotak suara sampai dengan Pendistribusian logistik dalam keadaan darurat.

Masuk pada paparan selanjutnya, Pegiat Pemilu yang juga pernah menjabat Ketua KPU Kabupaten Brebes , Muamar Riza Pahlevi menerangkan bahwa Peran dari Bawaslu dan seluruh stakeholder serta Panwaslu Kecamatan juga sangat penting pada saat pendistribusian logistik. Mencatat hasil-hasil pengawasan lalu yang paling penting memastikan seluruh surat suara dari KPU itu masih tersegel. Kemudian pada saat pendistribusian di desa jangan sampai salah alamat, di pastikan pas dengan jumlah TPS nya. Panwaslu Kecamatan harus mengawasi bagian yang dianggap remeh padahal justru itu sangat penting, tutup Riza.

Penulis dan Foto: Bawaslu Kabupaten Brebes 

Editor: Bawaslu Kabupaten Brebes