Lompat ke isi utama

Berita

Optimalkan Peran Pengawas Pemilu Partisipatif Dari Kalangan Perempuan, Bawaslu Brebes Bina Desa Purwodadi

Brebes – Desa Purwodadi yang terletak di Kecamatan Tonjong merupakan salah satu Desa Pengawasan hasil binaan Bawaslu Kabupaten Brebes sejak tahun 2019. Kerjasama yang baik antara Bawaslu Kabupaten Brebes dengan Pemerintahan Desa Purwodadi telah terlaksana mulai dari pembekalan sampai dengan pelatihan tentang pengawas Pemilu partisipatif.

Memperkaya ilmu pengetahuan khususnya dibidang Kepemiluan berlanjut pada seri pembinaan Desa Pengawasan yang dilaksanakan oleh Bawaslu Kabupaten Brebes pada hari Kamis tanggal 26 Oktober 2023 bertempat di Meeting Room Desa Purwodadi. Kepala Desa Purwodadi Listuti mengungkapkan antusiasnya dalam keberlanjutan kegiatan Pembinaan Desa Pengawasan di Desa Purwodadi.

“Desa Purwodadi merasa beruntung sekali menjadi salah satu Desa Pengawasan yang dipilih dan dibina oleh Bawaslu Brebes, terimakasih yang sebanyak-banyaknya pada jajaran Bawaslu Brebes”, ungkap Listuti. Listuti menambahkan bahwa masyarakat Desa Purwodadi siap menimba ilmu untuk belajar menjadi Pengawas Partisipatif mengingat sebentar lagi akan memasuki masa Kampanye Pemilu 2024.

Anggota/Koordiv. Pencegahan, Parmas, dan Humas Bawaslu Kabupaten Brebes Amir Fudin, dalam pembukaan kegiatan menyampaikan bahwa pada hakikatnya Pemilu merupakan pesta demokrasi milik rakyat. Namun pesta tersebut tentunya terdapat norma, aturan, dan ketentuan yang mengatur dan wajib di patuhi oleh seluruh rakyat Indonesia.

“Berbeda pilihan itu wajar, namun pesta demokrasi ini jangan sampai menimbulkan konflik apalagi perpecahan di tengah masyarakat”, ujar Amir. Amir menambahkan bahwa salah satu alasan berdirinya Bawaslu adalah untuk memetakan, mencegah dan menengahi permasalahan-permasalahan yang kerap muncul pada saat Pemilu. Bisa disebut Bawaslu merupakan “Wasit” pada perhelatan Pemilu.

Bawaslu Kabupaten Brebes pada pembinaan Desa pengawasan kali ini menyasar pada peran perempuan sebagai Pengawas Pemilu Partisipatif. Kegiatan diikuti oleh 20 peserta dari unsur  tokoh perempuan yang berada di Desa Purwodadi. Kegiatan diawali dengan mengisi pre-test berbentuk kuisioner online guna mengetahui aspek nilai dasar masyarakat terhadap pengetahuan tentang pemilihan umum.

Pada paparan materi yang disampaikan, Amir menyoroti pentingnya keterlibatan perempuan dalam mengawasi penyelenggaraan Pemilu. Bukan tanpa alasan, namun banyak gerakan perempuan di luar sana yang belum tersalurkan khususnya dalam ranah Pengawas Pemilu Partisipatif.

“Bawaslu Brebes berupaya mengoptimalkan peran perempuan dalam pengawasan Pemilu di Kabupaten Brebes”, tutur Amir. Dimulai dari Desa Purwodadi, kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan aktor pengawas partisipatif yang handal dan dapat menginspirasi Desa yang lain.

Rangkaian kegiatan pembinaan Desa Pengawasan dilanjutkan dengan sesi Focus group discussion (FGD), pengisian post-test, lalu penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) Desa Pengawasan. Terakhir, Bawaslu Kabupaten Brebes bersama jajaran Pemerintahan Desa dan masyarakat Desa Purwodadi berkeliling wilayah sekitar membawa obor dengan tagline “Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu”.

Tag
Uncategorized