Lompat ke isi utama

Berita

Optimalkan Upaya Pencegahan Dalam Sengketa Proses Pemilu 2024, Bawaslu Brebes Matangkan Strategi

Brebes – Upaya memaksimalkan peran dan fungsi Panwaslu Kecamatan dalam menghadapi Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu tahun 2024 telah banyak dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Brebes. Diantaranya adalah peningkatan kapasitas sumber daya manusia berupa sosialisasi, bimbingan teknis, pelatihan, dan diskusi.

Pada hari Sabtu (21/10/2023) bertempat di Meeting Room Toserba Mayga Kecamatan Larangan, Bawaslu Kabupaten Brebes menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Perbawaslu Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu. Kegiatan ini berfokus pada penguatan Strategi Pencegahan Dalam Sengketa Proses Pemilu 2024.

Penguatan strategi pencegahan dalam sengketa proses Pemilu 2024 diikuti oleh jajaran Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Brebes yang terdiri dari  Ketua/Koordiv. Sumber Daya Manusia, Organisasi, Data, dan Informasi serta Anggota/Koordiv. Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa.

Anggota/Koordiv. Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Brebes, Karnodo menyampaikan kepada seluruh peserta kegiatan untuk mengoptimalkan langkah pencegahan sebelum terjadinya sengketa proses Pemilu.

“Rapat yang diselenggarakan pada hari ini akan banyak membahas tentang strategi-strategi pencegahan sengketa proses Pemilu”, tutur Karnodo. Hal ini sejalan dengan arah kebijakan Nasional Bawaslu untuk mengedepankan langkah-langkah pencegahan dalam pengawasan Pemilu 2024, tambah Karnodo.

Terdapat beberapa strategi pencegahan sengketa proses Pemilu 2024 yang wajib dipedomani oleh Panwaslu Kecamatan. Diantaranya  mengidentifikasi dan memetakan potensi sengketa di setiap tahapan,  Penguatan koordinasi antar lembaga dalam mencegah terjadinya  pelanggaran dan sengketa proses, Peningkatan kerjasama antar lembaga, Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pemilu, serta Pelaksanaan sosialisasi ketentuan peraturan perundang-undangan dan/atau potensi kerawanan terjadinya pelanggaran dan sengketa proses.

Tag
Bawaslu Brebes
Bawaslu Provinsi Jawa Tengah
Berita
Berita Terbaru