Lompat ke isi utama

Berita

Pengawas TPS: “Garda Terdepan Pengawasan Tahapan Pemungutan Dan Penghitungan Suara”

Foto Bersama

Brebes – Bawaslu Kabupaten Brebes kembali menyelenggarakan dialog interaktif pada hari Jum’at, malam (9/02/2024) melalui talkshow radio dan live streaming Youtube. Masih menggandeng Singosari FM Brebes, Bawaslu Kabupaten Brebes gelar Talkshow di Radio dengan tajuk Sosialisasi Keberadaan Pengawas TPS Pemilu 2024 bertemakan Pengawas TPS sebagai Garda Terdepan Pengawasan Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara.

 

 

Mengingat kurang dari lima hari menuju hari pemungutan suara yang jatuh pada tanggal 14 Februari 2024, Bawaslu Kabupaten Brebes menyampaikan potensi kerawanan pada pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi surat suara pada penyelenggaraan Pemilu 2024 serta upaya pencegahannya.

 

 

Guna mewujudkan Pemilu yang jujur dan adil tentu diperlukan fungsi pengawasan dalam penyelenggaraan Pemilu. Sejalan dengan tujuan tersebut, Anggota/Koordiv. Sumber Daya Manusia, Organisasi, Pendidikan, dan Pelatihan Bawaslu Kabupaten Brebes Rudi Raharjo bersama Pegiat Pemilu Yunus Awaludin Zaman berkolaborasi menjadi narasumber pada talkshow kali ini. 

 

 

Untuk memandu jalannya acara, Penyiar Singosari FM Brebes yang akrab dipanggil Rara ditunjuk sebagai host talkshow. Para narasumber menyampaikan beberapa potensi kerawanan yang harus di cegah pada tahapan pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi hasil pemungutan suara pada penyelenggaraan Pemilu 2024, dimulai dari form C hasil salinan yang mungkin banyak versi, Pemungutan suara ulang, KPPS buka kotak suara tidak sesuai ketentuan, Membantu pemilih di bilik suara tidak sesuai aturan, Penghitungan suara ulang, sampai dengan salah menyimpulkan coblosan surat suara.

 

 

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa proses rekrutmen pengawas TPS untuk Pemilu 2024 di Kabupaten Brebes telah berakhir. Sejumlah 6.291 Pengawas TPS di wilayah Kabupaten Brebes resmi dilantik Panwaslu Kecamatan pada 21-22 Januari 2024. Oleh sebab itu, Pengawas TPS merupakan garda terdepan Pengawas Pemilu yang berhadapan langsung dengan proses pemungutan dan penghitungan. Diharapkan pengawas TPS dapat menjadi ujung tombak pengawasan sehingga Pemilu dapat berjalan adil dan berintegritas.

Penulis dan Foto: Bawaslu Kabupaten Brebes

Editor: Bawaslu Kabupaten Brebes