Lompat ke isi utama

Berita

Tumbuhkan Semangat Pengawasan Pemilu Partisipatif, Bawaslu Brebes Goes To UMUS

Foto Bersama

Brebes – Dalam rangka menciptakan aktor pengawas Pemilu partisipatif dari unsur mahasiswa, Bawaslu Kabupaten Brebes masifkan sosialisasi melalui kegiatan “Bawaslu Goes To Campus” bertempat di Universitas Muhadi SetiaBudi (UMUS) Kabupaten Brebes. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu (27/01/2023), diikuti oleh 60 mahasiswa/i UMUS.

 

   

Anggota/Koordiv. Pencegahan, Parmas, dan Humas Bawaslu Kabupaten Brebes Amir Fudin, pada paparannya menyampaikan bahwa salah satu misi Bawaslu adalah mendorong pengawasan partisipatif berbasis masyarakat. “Pelibatan masyarakat dalam pengawasan Pemilu harus terlebih dulu melalui proses sosialisasi dan transfer pengetahuan dan keterampilan”, tutur Amir. Amir menambahkan bahwa tantangan besar yang juga dihadapi Bawaslu adalah membangun kesadaran masyarakat untuk turut serta aktif dalam pengawasan Pemilu.

 

 

Pada paparannya, Amir menjelaskan secara rinci tentang tugas, fungsi, dan wewenang Bawaslu dalam penyelenggaraan Pemilu. Amir menyampaikan bahwa mahasiswa dapat menjadi aktor pengawasan Pemilu partisipatif meskipun sudah terdapat jajaran Pengawas Pemilu sampai dengan tingkat TPS atau yang sering dikenal dengan Pengawas TPS. Untuk meningkatkan daya pengawasan Pemilu, dibutuhkan kolaborasi yang kuat antara Bawaslu dan masyarakat khususnya mahasiswa. Peningkatan kolaborasi antara Bawaslu dengan mahasiswa inilah yang menjadi kunci peningkatan partisipasi bersama masyarakat, jelas Amir.  

 

 

Kemudian, Amir mengingatkan bahwa mahasiswa dapat melaporkan atau menyampaikan informasi awal jika mengetahui dugaan pelanggaran kepada Pengawas Pemilu terdekat. Kegiatan “Bawaslu Goes To Campus” diisi dengan sesi diskusi aktif dengan mahasiswa yang dimoderatori oleh Staf Bawaslu Kabupaten Brebes Saefurokhman. 

Penulis dan Foto: Bawaslu Kabupaten Brebes 

Editor: Bawaslu Kabupaten Brebes