Lompat ke isi utama

Berita

Identifikasi Permasalahan Produk Hukum: Memahami Esensi dan Tantangan

foto bersama

Brebes (24/02/2024) - Disela padatnya proses rekapitulasi Suara di tingkat Kecamatan, Bawaslu kabupaten Brebes menyempatkan waktu menggelar kegiatan Rapat Identifikasi Permasalahan Perbawaslu/ Produk Hukum Non Perbawaslu.

Pembukaan rapat dipimpin oleh Trio Pahlevi Ketua Bawaslu Kabupaten Brebes memberikan arahan perihal kerja-kerja pengawasan yang dilakukan oleh jajaran Pengawas di tingkat kecamatan dan tetap memperhatikan prosedur maupun aturan yang berlaku. Kegiatan ini menjadi bagian dari persiapan pada proses perselisihan hasil pemilu mendatang.

Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa, Karnodo memberikan arahan hal ini menjadi penting untuk dipedomani. Persiapan ini merupakan penerapan strategi penyelesaian yang sesuai, kita dapat memastikan bahwa produk hukum yang dihasilkan dapat memberikan solusi yang berkelanjutan bagi masyarakat.

Dalam rapat ini, narasumber Mochamad Muarofah Anggota KPU Kabupaten Brebes Divisi Hukum dan Pengawasan menyampaikan beragam aspek yang terkait dengan identifikasi permasalahan produk hukum, termasuk metodologi, tantangan, dan strategi untuk mengatasi masalah yang muncul. Antara lain :

  1. Identifikasi permasalahan produk hukum merupakan proses yang kompleks dan memerlukan pendekatan metodologis yang sistematis.

  2. Tantangan dalam identifikasi Permaslahan Produk Hukum seperti; Kesenjangan Hukum, Konflik Kepentingan,dan Kompleksitas Isu Hukum.

  3. Strategi Penyelesaian Permasalahan yaitu; Penelitian mendalam, Kolaborasi antar Stakeholder, Revisi/ Pembaruan berkala (produk hokum), dan Penerapan teknologi.

  4. Studi Kasus.

Identifikasi permasalahan produk hukum adalah tahap krusial dalam proses pembentukan hukum yang efektif dan relevan. Dengan pendekatan metodologis yang tepat, pengakuan terhadap tantangan yang ada, dan penerapan strategi penyelesaian yang sesuai, kita dapat memastikan bahwa produk hukum yang dihasilkan dapat memberikan solusi yang berkelanjutan bagi masyarakat. Dalam rapat ini, kita berharap dapat menghasilkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana mengidentifikasi, menganalisis, dan menyelesaikan permasalahan dalam produk hukum untuk mendukung pembangunan hukum yang inklusif dan progresif.

Penulis dan Foto: Bawaslu Kabupaten Brebes

Editor: Bawaslu Kabupaten Brebes